Artikel Social Connect!!

06 Apr

Benarkah YOLO = Bahagia yang  Sesungguhnya?

Setiap orang punya hobi atau kegemaran akan sesuatu yang berbeda-beda. Bisa jadi berbelanja atau berwisata. Ketika orang tersebut tenggelam dalam kesenangannya, kerap terucap slogan, "You only live once!"  alias YOLO. Gaya hidup dengan patokan YOLO makin mudah dijumpai saat ini. Sesungguhnya,  YOLO mempunyai hubungan dengan kesehatan mental lho!

04 Apr

13 Cara untuk Menjadi Lebih Bahagia

Halo, Socconians!

Ketika menghadapi banyak masalah atau merasa suntuk dengan kehidupan sehari-hari, sangat wajar apabila kalian merasa sedih atau tidak bersemangat. Tapi, jangan berlarut dalam kesedihan, yuk! Jika emosi negatif tersebut tidak ditangani dengan baik, kesehatan mental kalian juga dapat terdampak.

21 Mar

Cara Meningkatkan Kualitas Hidup di Masa Pandemi

Hi, Socconians

Kali ini, Social connect akan membagikan beberapa cara untuk meningkatkan kualitas hidup di masa pandemi, lho. Kira-kira apa sajakah itu?

17 Mar

Kurang Percaya Diri? Yuk, Cari Tahu Penyebabnya!

Pernahkah Socconians merasa kurang percaya diri atau gak pede? Misalnya, kamu kurang percaya diri dengan penampilan kamu saat ini, merasa berbeda dari orang lain, atau mengalami perasaan lainnya yang membuat dirimu merasa tidak berharga. Perasaan tidak percaya diri sebenarnya wajar saja, lo. Akan tetapi, jika ketidakpercayaan diri tersebut sudah melewati batas, kamu bisa terdampak secara negatif ketika melakukan aktivitas sehari-hari. Kira-kira apa saja ya yang membuat seseorang tidak percaya diri?

16 Mar

Tips Menjadi Pendengar yang Baik

Menjadi pendengar yang baik sangat dibutuhkan di masa sekarang ini. Begitu banyak orang yang butuh untuk didengarkan, juga begitu banyak orang yang ingin menumpahkan emosi-emosi negatif kepada orang lain. Namun, sayangnya, tidak semua orang bisa jadi pendengar yang baik. Untuk menjadi pendengar yang baik, kita harus memiliki beberapa sifat dasar yang dibutuhkan dalam mendengarkan orang lain.  Apa sajakah sifat-sifat dasar itu? Yuk, simak penjelasan selengkapnya!

15 Mar

Apakah Media Sosial Memengaruhi Rasa Kesepian Para Penggunanya?

Halo, Socconians!

Kali ini, artikel Social Connect akan membahas tentang media sosial, suatu hal yang sudah tidak asing lagi bagi kalian semua.

Dengan adanya media sosial, kita menjadi makin mudah untuk berinteraksi dengan orang lain tanpa batas, apalagi di masa pandemi yang membuat sebagian besar orang tidak bisa saling bertemu secara langsung ini. Lama-kelamaan, komunikasi online mulai menggantikan peran komunikasi tatap muka. Sebagai makhluk sosial, tentunya kita memiliki kebutuhan untuk berinteraksi dengan orang lain. Namun, apakah komunikasi online saja sudah cukup?

14 Mar

Altruisme Patologis: Saat Kepedulian yang Berlebihan Justru Melahirkan Luka Batin

Halo, Socconians.

Dalam istilah psikologis, salah satu bentuk kepedulian kepada orang lain dengan cara menolongnya disebut sebagai altruisme. Akan tetapi, apa sih sebenarnya altruisme itu? Apa dampaknya bagi kehidupan manusia? Dan apakah sikap mementingkan kesejahteraan orang lain selalu memberikan dampak baik? Mari kita simak penjelasannya!

10 Mar

Sudah Kenalkah Kamu dengan Dirimu Sendiri? Yuk, Kenalan!

Sudah sewajarnya kita mengenal diri sendiri. Namun, ternyata hanya sedikit orang yang benar-benar mengenal dirinya atau sudah memiliki self-awareness. Hal ini terjadi karena secara natural kita memiliki blind spot. Yuk, simak penjelasan selengkapnya!

09 Mar

Empati: Mengapa Memahami Perasaan Orang Lain Dapat Memengaruhi Kesehatan Mental

Hi, Socconians!
Pada masa pandemi seperti ini, siapa yang menyangka kalau banyak orang menjadi lebih peduli dengan orang lain? Banyak kegiatan sosial, seperti campaign dan pembukaan donasi yang dibuka di media sosial saat ini yang bisa kita ikuti. Hal tersebut menunjukkan bahwa kita sedang berempati. Akan tetapi, sebetulnya empati itu apa, sih? Kemudian, apa manfaatnya bagi kesehatan mental, ya? Yuk, kita kenali empati lebih jauh!

08 Mar

Cyberchondria, Pentingnya Psikolog di Era Serba Digital

Hallo, Socconians!

Pesatnya perkembangan teknologi menjadikan internet sebagai sumber informasi dalam setiap permasalahan individu, termasuk kesehatan (Masruuroh, 2020; Ivanova & Karabeliova, 2014). Socconians tahu, tidak? Internet pada beberapa kasus sangat berpengaruh pada kesehatan mental seseorang. Dalam ilmu psikologi, kita mengenal cyberchondria sebagai salah satu gangguan psikologis yang bersumber dari internet.

07 Mar

5 Pengaruh Cyberbullying Terhadap Kesehatan Mental

Harus Diwaspadai! Ini 5 Pengaruh Cyberbullying terhadap Kesehatan Mental

“Hampir 49 persen netizen di Indonesia pernah menjadi korban bullying lewat sosial media,” ujar Henri Kasyfi, Sekretaris Jendral Asosiasi Penyelenggara Internet Indonesia (APJII).

02 Mar

Job Insecurity dan Dampaknya Bagi Kesehatan Mental

Pernahkah kamu merasa tidak nyaman dengan pekerjaanmu atau khawatir akan pekerjaanmu sekarang? Jika iya, performamu di tempat kerja bisa terpengaruh, lho. Perasaan insecure di tempat kerja atau disebut dengan job insecurity ini kerap dirasakan oleh beberapa orang. Lantas, apa yang menyebabkan seseorang mengalami job insecurity?